Sabtu, 17 Agustus 2019

Describes Some Ingredients


 Senin , 5 Agustus  2019


  1)  Kencur 
    Kencur merupakan tanaman herba yang memiliki rimpang (rhizome) beraroma sangat harum. Khasiat dan manfaat kencur yang beragam nyatanya terletak hampir pada tiap bagiannya.Adapun kencur yang diolah menjadi minuman jamu mampu menyehatkan badan
   Kencur dalam bahasa latin disebut dengan Kaempferia galanga, termasuk ke dalam famili jahe (Zingiberaceae). Famili jahe telah dikenal sejak lama mampu menghasilkan beragam jenis tanaman obat yang sering digunakan di dalam pengobatan tradisional. Tanaman kencur banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis. Daerah penyebaran umumnya berada di Asia, antara lain di Indonesia, India, Bangladesh, Tiongkok, dan Jepang.
Khasiat Kencur Bisa Menyaingi Efek Obat-obatan Modern - Alodokter
  
 Khasiat kencur dipercaya mampu mencegah diri Anda mudah terserang penyakit. Tumbuhan berkulit kecokelatan dengan bagian dalam berwarna pucat ini mampu meredakan sejumlah gangguan seperti depresi, stres dan cemas.

  - Khasiat Kencur pada Daun dan Rimpang

   Bagian daun kencur memiliki manfaat untuk mengatasi demam, bengkak, rematik, oftalmia, dan dan pharyngodynia. Sedangkan pada bagian rimpang atau akar, kencur memiliki aroma yang sangat kuat. Rimpang biasa dikonsumsi sebagai bagian dari proses pengobatan medis herba, meski tidak semua negara pengguna kencur memanfaatkannya. Contohnya, masyarakat Bangladesh membuat jus rimpang kencur untuk mengobati sakit gigi dan ketombe
Tidak hanya rimpang dan daun, kencur secara utuh memiliki beragam manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Kebiasaan ini dilakukan masyarakat Tiongkok sejak lama dalam memanfaatkan khasiat kencur untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan, seperti:
  • Hipertensi,
  • Rematik,
  • Batuk,
  • Sakit Kepala,
  • Sakit gigi,
  • Sakit maag,
  • Nyeri dada dan perut, hingga
  • Radang tumor.
Di lokasi yang berbeda, orang-orang Jepang memercayai kencur sebagai tanaman herba  yang bisa mengatasi gangguan tidur dan stres.

  - Khasiat Kencur sebagai Minuman Jamu

  Sementara di Indonesia, kencur telah berpuluh-puluh tahun digunakan dalam pembuatan obat tradisional atau jamu. Kencur merupakan bahan utama di dalam jamu tradisional dan modern buatan pabrik. Beras kencur sendiri mulai dipopulerkan oleh penjual jamu keliling yang biasa disebut mbok jamu atau jamu gendong yang laku dikonsumsi oleh kaum hawa.

  Beras kencur terbuat dari campuran beras dan kencur, asam Jawa, serta gula merah. Khasiat kencur yang diolah menjadi minuman jamu bermanfaat mengurangi rasa sakit dan bengkak (edema) akibat keseleo. Mengonsumsi jamu beras kencur juga dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan dan meredakan kelelahan.

   Banyak masyarakat yang meyakini bahwa jamu memiliki sejumlah manfaat kesehatan untuk tubuh, misalnya beras kencur bermanfaat dalam mengurangi nyeri badan, kunyit asam bisa menurunkan demam dan nyeri menstruasi, serta jamu pahit untuk gatal dan diabetes Adapun kencur yang diproduksi dalam bentuk obat-obatan memiliki rasa pahit, beraroma wangi menyengat, dan hangat saat digunakan. Obat-obatan berbahan dasar kencur juga dapat menyembuhkan luka, penyakit kulit, dan gangguan fungsi limpa.

   Sebuah riset pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kencur bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan. Hasil riset melalui pengambilan ekstrak tanaman kencur turut menguatkan tentang efek sedatif yang signifikan. Berangkat dari penemuan tersebut, kencur kerap digunakan untuk menangani stres, gelisah, dan depresi Meski demikian, penelitian ini masih membutuhkan riset lebih lanjut mengenai khasiat kencur untuk kesehatan tubuh manusia.

2)   Oregano
Image result for oregano adalah

     Buat Anda para pecinta spagheti, tentunya Anda tahu dengan bahan yang satu ini yaitu, oregano. Oregano sering digunakan untuk masakan Itali terutama untuk saus pasta dan memiliki rasa dan aroma yang berbeda ketika Anda menambahkan oregano ke dalam masakan Anda. Oregano adalah tanaman yang masih satu saudara dengan daun mint. Namun oregano memiliki rasa yang sedikit pahit dan memiliki rasa hangat ketika dimakan. Warna daun dari oregano yang hijau segar sekilas mirip dengan daun mint namun            ukurannya lebih kecil. Biasanya untuk campuran makanan Anda bisa gunakan oregano yang sudah dikeringkan karena lebih keluar aromanya dan tentunya tidak begitu pahit ketika dimakan. Oregano yang sudah dikeringkan memilki warna coklat pucat dan ukurannya sangat kecil seperti bubuk karena pada saat pengeringan Anda dapat mencacahnya menjadi ukuran yang kecil sehingga mempermudah Anda untuk mengolahnya. Selain pasta, oregano juga digunakan pada pembuatan pizza.

Fungsi

     Oregano tak hanya bermanfaat untuk masakan saja namun juga bermanfaat untuk kesehatan Anda. Oregano memiliki kandungan nutrisi seperti mangan, vitamin A, vitamin C, dan zat besi yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi oregano dapat mencegah bakteri dan infeksi yang ada pada tubuh terutama untuk sariawan pada mulut, mengandung antioksidan, vitamin C yang ada pada oregano dapat meringankan iritasi pada gusi, memperlancar pencernaan, dapat mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi, dan berguna untuk mengatasi penyakit pernapasan.
Rasa yang sedikit pahit dan aroma yang khas itulah yang membuat oregano banyak digunakan pada masakan Itali karena masakan Itali identik dengan menambahkan mixed herbs ke dalam masakannya. Cara yang mudah untuk menggunakan oregano ke dalam masakan Anda yaitu cukup dengan menambahkan satu sendok oregano kering ke dalam saus pasta Anda yang sudah setengah matang kemudian masak hingga matang dan Anda akan mencium aroma dari oregano yang khas dan menggugah selera.

Cara Mengolah

    Oregano yang mudah digunakan adalah oregano yang sudah dikeringkan dan berbentuk bubuk. Oregano bubuk banyak dijual di pasar swalayan. Tetapi jika Anda memiliki tanaman oregano sendiri dan ingin mengolahnya menjadi oregano kering, berikut beberapa caranya:
  • Tanaman oregano yang sudah tua dan cukup tinggi berarti sudah siap untuk dipotong. Potonglah ranting oregano sekitar 10-15 cm. Jangan memotongnya sampai habis karena nanti oregano sulit untuk tumbuh kembali;
  • Gantung ranting oregano tadi pada ruangan yang hangat, terbuka, dan ada ventilasinya. Anda bisa mengikatnya dan menggantungnya pada ruang keluarga karena jika di dapur akan rentan sekali terhadap perubahan suhu menjadi panas;
  • Oregano yang digantung tadi kemudian diamkan selama satu minggu hingga kering;
  • Setelah mengering, ambil daun oregano yang sudah kering dan hancurkan dengan bantuan jari Anda karena daun oregano cepat hancur ketika sudah kering;
  • Setelah semua daun oregano menjadi seperti bubuk, simpan ke dalam wadah yang kedap udara atau botol kecil dan diamkan pada suhu kering dan tidak lembab;
  • Penggunaan oregano dapat pada saat membuat saus pasta ataupun taburan pada pizza Anda.

3)  Garam Masala 

Image result for garam masala adalah

     Melansir dari berbagai sumber, dalam bahasa India, garam berarti panas dan masala berarti racikan rempah-rempah. Maksud 'panas' ini mengacu pada pengobatan Ayurweda dari India di mana garam masala bisa memanaskan tubuh. Rempah yang terkandang dalam garam masala akan mampu meningkatkan yang disebut 'api pencernaan' sehingga makanan mudah diproses
Garam masala terbuat dari campuran lada (hitam/putih), cengkih, daun salam koja, cabe jawa, jintan hitam, jintan, kayu manis, kapulaga (hitam, cokelat, hijau), biji pala, fuli, dan bunga lawang. Semua rempah disangrai satu per satu hingga wangi, lalu semuanya dihaluskan dengan blender. Penggunaan bahan dalam bumbu ini di setiap daerah di Indian memiliki ciri khasnya masing-masing.

    Garam masala menjadi bahan yang banyak dicampur ke dalam berbagai masakan India seperti bumbu penyedap. Bagi orang India, garam masala menjadi bumbu yang bisa membuat segala makanan menjadi lezat. Apalagi, kandungan rempah di dalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

   Rempah yang terkandung dalam bumbu racikan ini sangat baik untuk kesehatan. mengonsumsi garam masala dapat membantu melancarkan pencernaan, mengandung antioksidan tinggi, menurunkan tekanan darah, kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, serta melawan diabetes.
   Di India, bumbu ini mudah ditemukan di semua toko bumbu. Garam masala kini mulai banyak dikenal masyarakat Indonesia, bahkan mulai banyak orang yang menjualnya dalam kemasan.
Harganya pun beragam dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Bila ingin buat sendiri, cukup tempatkan di wadah seperti toples dan tutup rapat agar tahan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

market

Rabu, 15 Januari 2020 PASAR PATTALLASSANG TAKALAR 1. Daun Ubi Rp. 3.000 1 ikat 2. Daun Bawang Rp. 15.000 1 ikat 3....