Minggu, 01 Desember 2019

Daily Activty (Indonesia Version)


  Selasa , 15 Oktober  2019


   Assalamualaikum wr.wb dan selamat siang berjumpa lagi di blog saya kali ini saya akan belajar membuat makanan yang di fermentasikan, yaitu makanan tradisional khas bugis makassar
( Tape Ketan Hitam ) , dimana makanan tersebut memiliki rasa yang yang cukup manis dan juga agak sedikit mempunyai bau tuak, sebelum membuatnya ada banyak hal dan pantangan yang perlu di percayai sebagai mitos pembuatan tape, diwajibkan bagi si pembuat tape harus bersih dan jauh dari kata berhalangan, dan juga tidak boleh menyebut hal - hal yang dilarang, maka jika terjadi tape tersebut tidak akan jadi, hahahhaha,,,,,

                             Image result for gambar tape ketan hitam       Image result for gambar tape ketan hitam

Image result for gambar tape ketan hitam

  Awal pembuatan tape saya harus pergi kepasar membeli, bahan - bahan terutama beras ketan hitamnya saya pilih yang paling terbaik sekali, lalu saya membeli dua macam ragi, satu ragi yang berbentuk bulat sempurna, dan mempunyai permukaan yang sanagt halus dan juga ketik di pegang akan cepat rapuh dan patah, lalu ragi ke dua yaitu , mempunyai permukaan yang agak kasar dan tidak mempunyai bentuk yang bulat sempurna namun tidak gampang patah, hehheheh,,, lalu saya memakai ragi yang petama,



   Cara membuatnya yaitu, beras ketan di cuci hingga beberapa kali, setelah diamkan selama semalaman, lalu kukus nasi sampai benar - benar pulen lalu setelah itu, dinginkan di atas nampan dan setelah dingin taburi ragi hingga tercampur rata, setelah rata , bentuk menjadi beberapa bagian, bentuk bulat dan kepal - kepal sampai merata, lalu simpan ke dalam wadah daun pisang dan tutup hingga rapat dan permentasikan selama beberapa hari ,, heheheheh oh iya di sini saya menambahkan air gula pada hari ke dua, agar rasanya legit dan juga manis sempurna,,


   Setelah itu saya memulai general cleaning, ups lupa saya membuatnya ini di rumah ya guys,, jadi selesai itu saya langsung merapikan peralatan yang telah digunakan, dan tidak lama kemudian saya langsung beristirahat,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

market

Rabu, 15 Januari 2020 PASAR PATTALLASSANG TAKALAR 1. Daun Ubi Rp. 3.000 1 ikat 2. Daun Bawang Rp. 15.000 1 ikat 3....