Senin, 13 Januari 2020

Ingredient


Selasa , 14 Januari  2020

Ingredient


1. CINNAMON



Kayu Manis atau Cinnamon (/ sɪnəmən / SIN-ə-mən) adalah bumbu yang diperoleh dari kulit kayu bagian dalam dari beberapa jenis pohon dari genus Cinnamomum. Kayu manis digunakan terutama sebagai bumbu aromatik dan aditif penyedap rasa dalam berbagai macam masakan, hidangan manis dan gurih, sereal sarapan, makanan ringan, dan makanan tradisional. Aroma dan rasa kayu manis berasal dari minyak esensial dan komponen utamanya, cinnamaldehyde, serta banyak konstituen lainnya, termasuk eugenol.
Istilah "kayu manis" juga digunakan untuk menggambarkan warna pertengahan warnanya. Kayu manis adalah nama beberapa spesies pohon dan produk rempah komersial yang beberapa di antaranya diproduksi. Semua adalah anggota genus Cinnamomum di keluarga Lauraceae. Hanya sedikit spesies Cinnamomum yang ditanam secara komersial untuk rempah-rempah. Cinnamomum verum kadang-kadang dianggap "kayu manis asli", namun sebagian besar kayu manis dalam perdagangan internasional berasal dari spesies terkait, juga disebut "cassia". Pada tahun 2016, Indonesia dan China memproduksi 75% pasokan kayu manis di dunia.

Kata bahasa Inggris "kayu manis", yang dibuktikan dalam bahasa Inggris sejak abad ke-15, berasal dari bahasa Yunani κιννάμωμον kinnámonmon (kemudian kínnamon), melalui bentuk menengah Latin dan menengah Perancis. Orang Yunani diperoleh dari kata Fenisia, yang mirip dengan Ibrani Ibrani yang terkait (qinnamon).
Nama "cassia", yang pertama kali direkam dalam bahasa Inggris sekitar tahun 1000, dipinjam melalui bahasa Latin dan pada akhirnya berasal dari bahasa Ibrani q'tsī'āh, sebuah bentuk kata kerja qātsa', "untuk menanggalkan kulit kayu".
Bahasa Inggris Modern Awal juga menggunakan nama canel dan canella, mirip dengan nama kayu manis saat ini di beberapa bahasa Eropa lainnya, yang berasal dari kata Latin cannella, sebuah canna kecil, "tabung", dari cara kulit kayu meringkuk seperti itu mengering.

Characteristic

Kulit manis Ceylon sering kali hanya menggunakan kulit bagian dalam yang lebih tipis, lebih memiliki kesegaran, kurang padat, lebih beraroma, dan lebih lembut dalam rasa daripada kasiavera. Kasiavera memiliki rasa yang lebih kuat (sering lebih pedas) daripada kulit manis Sri Lanka dan umumnya berwarna merah kecoklatan sedang hingga ringan, keras dan bertekstur kayu, serta lebih tebal (2–3 mm (0,079–0,12 inci) dan menggunakan seluruh lapisan kulitnya.

Sejarah Cinnamon

Sejarah kuno
Kayu manis sudah dikenal dari zaman purba. Itu diimpor ke Mesir pada awal 2000 SM, tapi dikabarkan bahwa itu berasal dari Kekeliruan China dengan cassia. Kayu manis sangat dihargai di antara bangsa-bangsa kuno sehingga dianggap sebagai hadiah yang sesuai untuk raja dan bahkan untuk dewa; sebuah prasasti yang bagus mencatat hadiah kayu manis dan cassia ke kuil Apollo di Miletus. Meskipun sumbernya tetap misterius di dunia Mediterania selama berabad-abad oleh orang-orang dalam perdagangan rempah-rempah untuk melindungi monopoli mereka sebagai pemasok, kayu manis berasal dari India, Sri Lanka, Bangladesh, dan Myanmar.
Referensi Yunani pertama untuk kasia ditemukan dalam sebuah puisi oleh Sappho di abad ketujuh SM. Menurut Herodotus, baik kayu manis dan cassia tumbuh di Arabia, bersama dengan dupa, mur, dan labdanum, dan dijaga oleh ular bersayap.
Di Mesir Kuno, kayu manis digunakan untuk membalsam mumi. Dari masa Helenistik sampai sekarang, resep Mesir Kuno untuk kyphi, aromatik yang digunakan untuk pembakaran, termasuk kayu manis dan cassia. Karunia penguasa Helenistik ke kuil terkadang termasuk cassia dan kayu manis.
Kayu manis dibawa mengelilingi semenanjung Arab di "rakit tanpa kemudi atau layar atau dayung", memanfaatkan angin musim dingin. Pliny the Elder juga menyebutkan cassia sebagai bahan penyedap anggur.

Nutrient Content

Kayu manis tanah terdiri dari sekitar 11% air, 81% karbohidrat (termasuk serat makanan 53%), protein 4%, dan lemak 1% (tabel). Dalam jumlah referensi 100 gram (100 g memungkinkan perbandingan dengan makanan dan rempah lainnya; ukuran penyajian yang khas adalah satu sendok teh atau 2,6 gram), kayu manis tanah merupakan sumber yang kaya (20% lebih banyak dari Nilai Harian, DV) vitamin K, kalsium, dan zat besi, sambil memberikan jumlah sedang (10 sampai 19% DV) vitamin B6, vitamin E, magnesium, dan seng (tabel).

Manfaat Cinnamon

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengatur gula darah, membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk penderita diabetes dan hypoglycemica. Dan merupakan kabar baik bagi siapa saja yang ingin meningkatkan energi agar lebih stabil.
Mengurangi kadar kolesterol LDL. LDL juga dikenal sebagai kolesterol berbahaya. Mengurangi kolesterol LDL dapat membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.
Memiliki senyawa anti infeksi alami yang ditemukan dalam studi. Kayu manis efektif terhadap H. pylori yaitu bakteri penyebab borok atau bisul dan patogen lainnya.
Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Cinnamon
https://id.wikipedia.org/wiki/Kayu_manis
http://bibitbunga.com/tanaman-kayu-manis-cinnamon/



2. ALPUKAT


   Buah alpukat atau dalam bahasa Inggris disebut avocado adalah buah yang sering diolah menjadi jus. Jus alpukat menjadi favorit banyak kalangan, terutama penikmat buah. Buah alpukat berwarna hijau dengan bentuk yang lonjong. Biji buahnya cukup besar dengan rasa daging buah yang manis. Selain jus, buah ini juga sering diolah menjadi makanan sehat untuk salad atau pelengkap hiasan pada kue.
   Rasanya yang lezat tidak menghilangkan kandungan nutrisi yang ada pada buah alpukat. Buah ini mengandung banyak protein, vitamin B2, niasin, kalium, omega 3, dan juga vitamin C. Alpukat sering dihindari oleh beberapa orang yang beralasan bahwa buah ini mengandung banyak lemak. Padahal, jenis lemak yang terkandung dalam alpukat adalah jenis asam lemak yang sehat, terutama untuk perkembangan otak. Mari kita bahas lebih jauh tentang manfaat dan khasiat alpukat berikut ini.
   kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.


1. Mencegah kanker
Manfaat alpukat yang pertama yaitu sebagai makanan pencegah penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker mulut, dan kanker payudara. Buah ini mengandung vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki sel tubuh yang rusak untuk mencegah timbulnya kanker.


2. Menjaga kesehatan mata
Khasiat alpucat untuk mata sudah terbukti dengan adanya vitamin A pada buah ini yang berguna untuk membuat mata Anda jauh lebih sehat. Mata yang sehat akan memberikan Anda penglihatan yang lebih baik dan juga tajam.


3. Membantu menurunkan kolesterol
Kolesterol yang tidak terkontrol adalah awal munculnya berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh. Khasiat alpukat untuk menurunkan kolesterol dengan kandungan beta sitosterol mampu membuat tubuh Anda terhindar dari kolesterol jahat.


4. Menjaga kesehatan jantung
Jantung sehat adalah awal dari tubuh yang sehat. Manfaat alpukat untuk jantung Anda adalah menyehatkannya sehingga jantung dapat bekerja lebih optimal untuk memompa darah dalam tubuh Anda.


5. Mencegah stroke
Penyakit stroke dapat diatasi dengan memakan buah alpukat secara rutin. Kandungan folate yang baik untuk tubuh pada buah ini akan membantu Anda terhindar dari penyakit yang mengganggu kesehatan seperti stroke.


6. Mengontrol tekanan darah

Buah alpukat juga berguna untuk mengontrol tekanan darah Anda. Tekanan darah yang baik adalah tekanan darah yang tidak rendah atau tidak tinggi, sehingga Anda tidak akan merasakan penyakit darah rendah ataupun hipertensi.

7. Membantu menyerap makanan
Buah alpukat bisa membantu Anda menyerap makanan dengan lebih cepat, sehingga sisa makanan di dalam pencernaan Anda tidak menumpuk dan dapat langsung dibuang oleh tubuh sebagai kotoran.


8. Anti oksidan
Bahaya radikal bebas saat ini bisa dicegah dengan mengonsumsi berbagai macam makanan yang memiliki fungsi anti oksidan, salah satunya adalah buah alpukat. Kandungan gizi pada buah ini bisa Anda andalkan untuk menangkal efek berbahaya dari radikal bebas.


9. Mengontrol gula dalam darah
Buah alpukat juga mengandung gula alami yang bagus untuk tubuh. Dengan gula alami tersebut, Anda bisa memiliki control gula dalam darah yang lebih baik. Hal ini tentunya akan membuat Anda lebih sehat.


10. Mencegah peradangan
Banyak bagian dalam tubuh yang bisa meradang akibat faktor tertentu, seperti tenggorokan dan juga mulut. Cobalah memakan buah alpukat dengan rutin saat Anda sedang diserang penyakit radang yang mengganggu.
http://www.khasiat.co.id/buah/alpukat.html



3. MADU

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.
Rasa manis madu disebabkan oleh unsurmonosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula
Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, dioleskan jika dipakai untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda daripadagula dan pemanis lainnya. Kebanyakanmikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas airyang hanya 0.6.
Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu bergantung pada sumber nektaryang diambil lebah.

Nutrient Content

Nutrisi dalam madu sesuai hasil analisa kimia salah satunya adalah Glukosa yang merupakan jenis gula monosacharida yang mudah diserap di dalam usus tanpa membutuhkan proses pemecahan, bahkan di dalam penatalaksanaan medis, glukosa sering langsung disuntikkan kedalam pembuluh darah, itu menandakan bahwa glukosa merupakan senyawa yang sudah sesuai dengan sistem yang ada di dalam tubuh manusia. Berbeda dengan gula pasir yang merupakan jenis gula disacharida, tidak dapat langsung diserap ke dalam darah, melainkan harus dipecah terlebih dahulu menjadi monosacharida di dalam usus halus. Sehingga madu dapat dengan cepat memulihkan tenaga dan cocok untuk penderita gangguan fungsi hati.

Berbagai mineral yang ada didalam madu yaitu: Vitamin A; Beta Caroten; Vitamin B Kompleks; Vitamin C, Phospor, Zat besi, Kalsium, Klorida Kalium, Yodium, Natrium, Tembaga dan Mangan. Selain kandungan tersebut, madu juga mengandung enzim-enzim penting untuk memperlancar reaksi kimia dari berbagai metabolisme di dalam tubuh. Protein, asam organik, hormon dan senyawa antimikroba berkhasiat sebagai antibiotika.

Function
1. Mencegah Kanker
Kandungan flavonoids yang terdapat pada madu serta antioksidannya dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Sementara itu kandungan karsinogen pada madu bisa mencegah beragam tumor.
2. Meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh)
Madu juga kaya akan zat antioksidan yang dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Tidak hanya itu, kandungan Madu mempunyai kandungan nutraceuticals dapat melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh.
3. Meningkatkan Stamina
Menurut hasil penelitian, madu dapat meningkatkan performa (ergogenic),yang dapat meningkatkan performa atlet. Madu dapat membantu tubuh mengontrol gula darah dan juga membantu penyembuhan otot serta pemulihan stamina setelah aktifitas berat.
4. Sumber vitamin dan mineral
Madu juga diketahui kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Kadar vitamin dan minerl tersebut tergantung pada nektar yang dihisap oleh lebah madu tersebut.

Characteristic

Madu asli sesungguhnya sangat mudah diketahui hanya dengan melihat dari sifat dan karakter fisiknya yang khas. Sayangnya, saat ini beredar madu palsu yang meniru sebagian dari sifat atau karakter fisik madu Asli. Sehingga bagi kebanyakan orang sangatlah susah untuk mengetahui keaslian madu, hanya dengan melihat secara fisik. Madu Asli mempunyai beberapa karakteristik fisik yang tidak bisa dipalsukan:
a. Memutar Optik
Madu asli mempunyai kandungan gula yang spesifik yang dapat mengubah sudut putaran cahaya terpolarisasi.
b. Higroskopis
madu asli bersifat menyerap air, jika madu dibiarkan terbuka pada tempat dengan kelembaban udara tinggi maka madu akan bertambah encer.
c. Tidak Mudah Mencampur dengan Air
Madu asli jika dituangkan ke dalam air hangat tidak akan pecah atau air akan tetap jernih sebelum diaduk. Bagi madu yang sudah dicampur akan lebih cepat membuat keruh.

Sumber : Wikipedia
https://www.manjadda.com/manfaat-madu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

market

Rabu, 15 Januari 2020 PASAR PATTALLASSANG TAKALAR 1. Daun Ubi Rp. 3.000 1 ikat 2. Daun Bawang Rp. 15.000 1 ikat 3....