Senin, 13 Januari 2020

ingredient


Selasa , 14 Januari  2020

 Ingredient

1. DAUN PANDAN



Daun Pandan berasal dari berasal dari Indonesia yaitu dari daerah Bangka. Kemudian tersebar ke beberapa negara Asia tenggara dan Mediterania melalui perdagangan rempah rempah. Memiliki nama latin Pandanus Amaryllifoius Robx.
(source : https://sumber.com/edukasi/pengetahuan-umum/sumber/tanaman-daun-pandan.html)


Nutrient Content :
Serving Size 100g
Amount Per Serving
Calories 24 Calories from Fat 0
% Daily Value*
Total Fat 0 g 0%
Saturated Fat 0 g 0%
Trans Fat 0 g
Cholesterol 0 mg 0%
Sodium mg 0%
Potassium mg 0%
Total Carbohydrate 6 g 2%
Dietary Fibre g 0%
Sugars g
Protein 35 g 70%
Vitamin A IU 0%
Folate mcg 0%
Vitamin C mg 0%
Vitamin D IU 0%
Calcium mg 0%
Iron mg 0%
(source : https://aussietaste.recipes/glossary/herbs-spices-a-to-z/pandan-leaf/)


Function :
1. Obat Rematik
Manfaat daun padan sebagai obat yang pertama adalah obat sakit rematik. Rematik merupakan sebuah penyakit umum sering diderita oleh orang yang sudah lanjut usia. Tahukah Anda, orang-orang pada zaman dulu akan mengatasi sakit rematik menggunakan daun pandan dengan resep di bawah ini.


Siapkan 3 lembar daun yang masih segar
Cucu hingga bersih
Potong jadi beberapa bagian
Seduh daun pandan
Tambahkan minyak kelapa yang sudah mendidih
Aduk hingga merata
Sajikan sebagai obat

Ketika ramuan daun pandan sudah selesai dibuat, maka tunggulah sebentar hingga dingin. kemudian Anda bisa menggunakannya sebagai obat gosok, urut dan pijat pada bagian tubuh yang dirasa sakit.

2. Obat Pegal Linu
Manfaat daun pandan kali ini sangat cocok bagi Anda yang tergolong pekerja keras dan sering mengalami pegal pada badan. Caranya juga mudah, siakan daun pandan sebanyak 5 lembah dan daun serai 20 lembar. Cuci bersih kedua bahan dan tumbuk hingga halus.

Setelah halus tambahkan minyak kayu putih dan minyak ganda pura masing-masing sebanyak 1 sendok makan. Aduk hingga merata dan gunakan untuk menggosok dan mengurut beberapa bagian tubuh yang sering mengalami sakit pegal linu.

3. Obat Saraf
Ternyata rebusan daun pandan memiliki fungsi sebagai obat saraf. Anda bisa mengobati beberapa masalah saraf meminum ramuan tersebut secara rutin 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari.

Anda bisa menyiapkan 3 lembar daun pandan wangi untuk membuat ramuan, selanjutnya cuci hingga bersih dan potong menjadi beberapa bagian kecil. Rebus 3 daun pandan tadi dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas air saja.

4. Obat Gelisah
Manfaat daun padan wangi kali ini cocok bagi Anda yang sering mengalami masalah secara emosional. Saat Anda merasa gelisah yang tak beraturan, segera ambil daun pandan sebanyak 2 lembar kemudian cuci hingga bersih dan seduh dengan secangkir air. Minumlah ramuan ini setelah disaring 2 hingga 3 kali dalam sehari sampai Anda kembali merasa tenang.


5. Obat Darah Tinggi
Bagi Anda yang menderita darah tinggi atau hipertensi, daun pada juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya. Sama dengan beberapa cara di atas, daun pandan wangi direbus pada 3 gelas air sampai air tersisa 2 gelas saja. Minum secara rutin rebusan yang sudah disaring 2 kali dalam sehari di pagi dan sore hari.
(source : https://www.manjadda.com/manfaat-daun-pandan)


2. TOMAT

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Cara menanam tanaman tomat adalah disemai lebih dahulu, setelah tumbuh 4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Panen dimulai usia 9 minggu setelah tanam selanjutnya setiap 5 hari.
Kata "tomat" berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomatl (diucapkan: /tɔ.matɬ/).
Terdapat ratusan kultivar tomat yang dibudidayakan dan diperdagangkan. Pengelompokan hampir selalu didasarkan pada penampilan atau kegunaan buahnya.
Berdasarkan penampilan.

Terdapat buah tomat dengan kisaran warna dari hijau ketika masak, kuning, jingga, merah, ungu (hitam), serta belang-belang.
Dari ukuran dan bentuk, tomat dikelompokkan sebagai berikut:
granola yang bentuknya bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencakup yang biasanya dikenal sebagai tomat buah (karena dapat dimakan langsung),
gondol yang biasa dibuat saus dengan bentuk lonjong oval (biasanya yang ditanam di Indonesia adalah kultivar 'Gondol Hijau' dan 'Gondol Putih', dan keturunan dari kultivar impor 'Roma') dan termasuk pula tomat buah,
sayur adalah tomat dengan buah biasanya padat dan dipakai untuk diolah dalam masakan
ceri (tomat ranti) yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.

Orang mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.
Perkembangan pengetahuan, sekarang tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C.


3. DAUN KEMANGI

Spesies ini banyak terdapat di Asia dan Amerika. Di Pulau Jawa, kemangi/surawung ditanam di kebun-kebun, di pagar-pagar, di pinggir-pinggir jalan, di lapangan, dan di huma-huma. Umumnya ditanam sebagai tanaman yang dibudidayakan. Walapun demikian, hasil tumbuhan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Asalnya belum diketahui secara pasti. Tumbuhan ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 500 mdpl. Perkembangbiakan tumbuhan ini dapat dilakukan dengan biji.
(source : https://id.wikipedia.org/wiki/Kemangi)


Nutrient Content :
Amount Per
100 grams
Calories 22
% Daily Value*
Total Fat 0.6 g 0%
Saturated fat 0 g 0%
Polyunsaturated fat 0.4 g
Monounsaturated fat 0.1 g
Cholesterol 0 mg 0%
Sodium 4 mg 0%
Potassium 295 mg 8%
Total Carbohydrate 2.7 g 0%
Dietary fiber 1.6 g 6%
Sugar 0.3 g
Protein 3.2 g 6%
Vitamin A 105% Vitamin C 30%
Calcium 17% Iron 17%
Vitamin D 0% Vitamin B-6 10%
Vitamin B-12 0% Magnesium 16%
(source : https://www.google.com/search?q=basil+nutrition+facts&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab)


Function :
1. Sebagai Obat Tradisional
Di negara Cina, tanaman ini digunakan sebagi obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, serangga, obat deman dan sebagai obat kanker. Banyak negara lainnya yang juga memanfaatkan tanaman ini sebagi obat tradisioal, seperti Yunani, Filipina, Tanzania, Meksiko, dan negara-negara Amerika dan Eropa.
Terlepas dari pembuktian secara ilmiah, kemangi dan selasih secara empiris telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai macam penyakit, baik di Indonesia ataupun negara-negara lain. Secara turun-temurun, manfaat daun kemangi untuk kesehatan telah dipercaya dari generasi ke generasi.
2. Memelihara Kesehatan Jantung
Kemangi kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Maka dari itu, selain berolahraga dengan rutin dan menjaga pola makan yang sehat, mengonsumsi kemangi secara berkala juga dapat memperkuat jantung Anda.
3. Meningkatkan Selera Makan
Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja jika orangpun mengkonsumsi daun ini sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok atau terancam. Selain segar dan sedap, ternyata aroma daun kemangi ini bisa meningkatkan selera makan & membuat
makan menjadi lahap.
4. Memperkuat Masa Hidup Sperma & Mencegah Kemandulan
Selain melezatkan hidangan, daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma, mencegah kemandulan. Kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen. Manfaat daun kemangi untuk kesehatan reproduksi ini sangat penting bagi pasangan yang berencana untuk memiliki atau menambah keturunan.
5. Menurunkan Gula Darah
Daun kemangi yang biasanya dijadikan lalapan bersama sambel, daun kubis serta irisan mentimun ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Seringnya orang yang tidak tertarik membuat daun kemangi juga tidak disukai oleh beberapa orang karena alasan tertentu, seperti mereka tidak suka dengan baunya atau sekedar tidak suka saja. Namun, siapa sangka jika salah satu manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang lainnya adalah menurunkan gula darah. Kontrol gula darah Anda agar tetap normal dengan mengonsumsi kemangi secara teratur.
(source : https://doktersehat.com/manfaat-daun-kemangi-bagi-kesehatan/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

market

Rabu, 15 Januari 2020 PASAR PATTALLASSANG TAKALAR 1. Daun Ubi Rp. 3.000 1 ikat 2. Daun Bawang Rp. 15.000 1 ikat 3....