Sabtu, 27 Oktober 2018

Ingredients

 
      Ingredients


      Sabtu, 27 Oktober 2018     

                                                          

                                                                         WORTEL



                                                  Image result for wortel adalah


   Wortel merupakan salah satu sayuran yang rendah kalori, tinggi nutrisi, dan enak. Salah satu website memasukkan wortel sebagai makanan tersehat di dunia. Wortel merupakan bagian dari famili Umbelliferae, atau tumbuhan yang seperti payung. Berdasarkan Departemen Pertanian Amerika Serikat, 1 wortel ukuran sedang dianggap sebagai ukuran penyajian. Satu ukuran penyajian wortel mengandung 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 1 gram protein. Sedangkan sumber lain menyatakan bahwa kandungan dalam 100 gram wortel mengandung karbohidrat 10 gram, protein 1,1 gram, serat 3,1 gram, vitamin C 4 mg, vitamin E 0,5 mg, dan tidak mengandung lemak sama sekali.

FUNGSI

    Wortel merupakan sumber vitamin A yang baik sekali. Wortel mengandung beta karoten, bahan kimia alami sejenis antioksidan yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Semakin oranye warna wortel, semakin banyak beta karoten yang dikandungnya. Oleh karena itu, Kadar vitamin A wortel bisa dikatakan tinggi, yaitu sebesar 12.000 Standard International (SI). Satu wortel dapat menyediakan lebih dari 200% kebutuhan vitamin A dalam sehari. Wortel juga mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin E, kalium, folat, fosfor, magnesium, dan zinc. Selain warna oranye, wortel juga tersedia dalam berbagai warna, seperti putih, ungu, kuning, dan merah. Warna-warna tersebut terbentuk dari berbagai jenis antioksidan yang dikandungnya. Antioksidan berperan dalam melindungi tubuh dari proses oksidasi akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat melukai sel, merusak DNA, hingga menciptakan mutasi sel yang akan membuat sel tumbuh dan bereproduksi secara abnormal. Wortel bermanfaat bagi kesehatan, antara lain dijabarkan dalam penjelasan berikut:
  • Mencegah penyakit jantung
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama 10 tahun di Belanda, terungkap bahwa buah dan sayuran yang berwarna oranye/kuning merupakan makanan yang paling melindungi terhadap penyakit jantung pembuluh (kardiovaskular). Wortel merupakan salah satu makanan yang masuk dalam kategori ini. Penelitian tersebut menyatakan bahwa semakin banyak wortel yang dikonsumsi, semakin menurun risiko penyakit kardiovaskular. Kadar kolestrol juga menurun kira-kira 11% jika mengonsumsi 7 ons wortel mendah per hari selama 3 minggu. Wortel juga dapat menjaga kesehatan jantung dan saraf dari serangan jantung dan stroke. Wortel mengandung kalium yang berperan sebagai vasodilator (melebarkan pembuluh darah) di jantung dan otak.
  • Mencegah cancer
Konsumsi beta karoten memiliki hubungan dengan penurunan risiko beberapa kanker, salah satunya adalah kanker paru-paru. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa perokok yang tidak mengonsumsi wortel memiliki risiko 3 kali lipat untuk terjadinya kanker paru-paru dibandingkan dengan yang mengonsumsinya lebih dari 1 kali seminggu. Konsumsi wortel juga berhubungan terbalik dengan perkembangan polip dan kanker colorectal pada laki-laki dan perempuan.
  • Memperbaiki penglihatan
Wortel memiliki beta karoten sebagai pro-vitamin A yang tinggi. Vitamin A dapat meningkatkan penglihatan, terutama pada tempat yang cahayanya sedikit (tempat gelap). Vitamin A juga disebut retinol (bentuk aktif dari vitamin A) karena dapat membantu produksi pigmen di retina mata.

HAL TERKAIT

Wortel sudah dapat ditemukan sekitar 5.000 tahun yang lalu melalui dokumen dan lukisan sejarah. Dahulu wortel lebih banyak ditemukan dengan berbagai warna dibandingkan dengan wortel yang sering ditemukan saat ini. 
Wortel paling baik disimpan di dalam kulkas dan ditutup dengan kantong plastik. Saat ingin menyimpan wortel, sebaiknya daun yang berada di ujungnya dicabut unutk mencegah tertariknya nutrisi dari akarnya. Wortel sebaiknya dikupas dan dicuci sebelum dikonsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

market

Rabu, 15 Januari 2020 PASAR PATTALLASSANG TAKALAR 1. Daun Ubi Rp. 3.000 1 ikat 2. Daun Bawang Rp. 15.000 1 ikat 3....